Selasa, 03 April 2012

Kamis, 20/10/2011 07:12 WIB

Penjualan Jeep Indonesia Tertinggi di ASEAN

MUUTAWALLI- detikOto

img


Jakarta - Daya tarik merek mobil Jeep sepertinya sudah sangat menggoda. Penjualan mobil Jeep di Indonesia pun terhitung merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara.

Jeep bersama saudara-saudaranya seperti Chrysler dan Dodge secara resmi baru setahun belakangan eksis kembali di kancah roda empat nasional setelah PT Garansindo Inter Global ditunjuk sebagai Agen Pemegang Merek (APM) resmi mobil asal Amerika ini.

Dan hanya butuh setahun, GIG pun mampu mencatatkan pertumbuhan yang sangat baik.

"Sekarang pertumbuhan penjualan Indonsia untuk mobil-mobil ini yang terbaik di Asia Tenggara. Sebelumnya Filipina menjadi yang tertinggi selama 4 tahun berturut-turut. Tapi sejak 2011 ini, angka penjualan kita (Indonesia) yang tertinggi," ungkap Chief Operation Officer GIG, Muhammad Al Abdulah di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (19/10/2011).

Selain sudah menyabet angka penjualan tertinggi di ASEAN, dari segi pertumbuhan pun Indonesia bisa dibilang merupakan yang terdepan di Asia Pasifik.

"Kalau dilihat dari persentase pertumbuhan, kita yang tertinggi di Asia Pasifik," cetus pria yang biasa di sapa Al ini.

Sebab bila di tahun 2010 penjualan ketiga merek tadi hanya berada di angka 200 unit dengan 80 persennya penjualan merek Jeep, di tahun 2011 ini angka tersebut dipastikan naik 250 persen menjadi sekitar 700an unit.

"Sampai kemarin kita sudah jual 593 unit atau 83 persen dari target yang kita canangkan," papar Al.

Angka tersebut menurut Al sudah terbilang istimewa, sebab hingga saat ini GIG menurutnya hanya memiliki 4 buah showroom yang tersebar di Jakarta, Surabaya dan Bali.

"Banyangkan kalau showroom kita tersebar di seluruh Indonesia, pasti pertumbuhan akan semakin tinggi. Untuk itu dalam beberapa tahun ke depan kita akan buka showroom di seluruh provinsi di Indonesia. Partner-partner sudah menyatakan siap hanya Papua yang belum ada (partner potensial)," lugasnya.

Untuk memuluskan ambisi tersebut, GIG mengaku sudah menyiapkan dana hingga US$ 100 juta untuk membuka 23 diler 3S (sales, servis dan sparepart) di negeri ini sampai 2014.

Dan sedikitnya akan ada 3 model anyar yang akan menyapa Indonesia di 2012 yakni sebuah sedan Chrysler dan 2 Jeep.